Kegiatan produksi akan dapat berjalan dengan baik apabila faktor
produksi yang dibutuhkan tersedia. Keberadaan faktorfaktor produksi
dapat diperoleh di pasar faktor produksi. Jadi pasar faktor produksi
adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran faktor-faktor produksi
yang berupa alam (tanah), tenaga kerja, modal (uang), dan pengusaha
(entrepreneur). Penawaran faktor produksi berasal dari konsumen dan
permintaan faktor produksi berasal dari produsen, sehingga akan
dihasilkan output yang nantinya akan dijual kepada konsumen. Tempat jual
beli hasil produksi (output) tersebut dinamakan pasar hasil produksi.
Perbedaan Pasar Faktor Produksi dan Pasar Hasil Produksi |
1. Macam-Macam Pasar Faktor Produksi/Pasar Input
Pasar input terdiri atas faktor-faktor produksi yang meliputi pasar sumber daya alam (tanah), sumber daya manusia (tenaga kerja), modal, dan pengusaha.
Pasar input terdiri atas faktor-faktor produksi yang meliputi pasar sumber daya alam (tanah), sumber daya manusia (tenaga kerja), modal, dan pengusaha.
a. Pasar Faktor Produksi Sumber Daya Alam/Tanah
Faktor produksi tanah adalah semua kekayaan alam yang terkandung dalam tanah, lautan, dan udara atau sering disebut sumber daya alam (natural resources). Jumlah tanah adalah tetap atau penawarannya tetap, maka kurva penawaran tanah bersifat inelastis sempurna (berbentuk garis lurus), sedangkan permintaan akan tanah terus bertambah, sehingga harga tanah akan semakin meningkat. Bila ditunjukkan dengan grafik akan tampak sebagai berikut.
Pergeseran kurva permintaan dan penawaran pada pasar faktor produksi SDA/tanah |
Dari Gambar diatas, dapat kamu lihat bahwa dengan bergesernya kurva DD
ke D’D’ dan D”D” maka harga/sewa tanah akan mengalami kenaikan.
b. Pasar Faktor Produksi Tenaga Kerja/Sumber Daya Manusia
Faktor produksi tenaga kerja adalah semua tenaga kerja baik jasmani maupun rohani, serta terdidik atau tidak terdidik, atau sering disebut dengan sumber daya manusia (human resources) yang melakukan kegiatan produksi barang/jasa. Sumber daya manusia yang berkualitas akan dapat meningkatkan produktivitas.
Tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses produksi pada suatu
perusahaan selalu mengalami peningkatan sesuai dengan peningkatan jumlah
penduduk. Permintaan tenaga kerja oleh suatu perusahaan dipengaruhi
beberapa faktor di antaranya sebagai berikut.
1) Kemajuan teknologi yang dimiliki oleh suatu negara.
2) Banyak sedikitnya barang yang dihasilkan.
3) Tinggi rendahnya laba pengusaha.
4) Adanya investasi dari pengusaha
Kurva pada pasar faktor produksi tenaga kerja dapat digambarkan sebagai berikut.
Pergeseran kurva permintaan dan penawaran pada pasar faktor produksi tenaga kerja. |
Dari Gambar terlihat bahwa kurva penawaran tenaga kerja selalu bertambah
sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kurva penawaran
bergeser ke kanan menjadi S’ S’. Seiring dengan ditemukannya teknologi
baru, pada kurva permintaan tenaga kerja pertambahan penawarannya lebih
besar daripada permintaan, sehingga upah (wage) yang diberikan mengalami
penurunan dari W menjadi W1.
c. Pasar Faktor Produksi Modal
Pasar faktor produksi modal adalah tempat ditawarkannya barang-barang modal untuk kepentingan proses produksi. Pengertian barang modal tidak hanya berupa mesin-mesin ataupun peralatan saja, tetapi juga modal uang (yang merupakan dana untuk membeli barang-barang modal). Modal yang berupa uang diperoleh dari tabungan dan pinjaman, yang nantinya akan digunakan untuk investasi.
Pasar faktor produksi modal adalah tempat ditawarkannya barang-barang modal untuk kepentingan proses produksi. Pengertian barang modal tidak hanya berupa mesin-mesin ataupun peralatan saja, tetapi juga modal uang (yang merupakan dana untuk membeli barang-barang modal). Modal yang berupa uang diperoleh dari tabungan dan pinjaman, yang nantinya akan digunakan untuk investasi.
Diharapkan dengan investasi tersebut, permintaan dan penawaran akan barang modal mengalami penigkatan, sehingga kurva permintaan (D) dan kurva penawaran (S) bergeser ke kanan. Kurva permintaan dan penawaran pada pasar faktor produksi modal tampak seperti Gambar berikut.
Kurva permintaan dan penawaran pada pasar faktor produksi modal. |
d. Pasar Faktor Produksi Pengusaha (Kewirausahaan)
Faktor produksi pengusaha merupakan orang-orang yang berjiwa wiraswasta atau mempunyai kecakapan dalam tata laksana perusahaan (managerial skill). Pengusaha mempunyai peranan yang sangat menentukan, yaitu mengorganisasi faktor produksi alam, tenaga kerja dan modal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Faktor produksi pengusaha merupakan orang-orang yang berjiwa wiraswasta atau mempunyai kecakapan dalam tata laksana perusahaan (managerial skill). Pengusaha mempunyai peranan yang sangat menentukan, yaitu mengorganisasi faktor produksi alam, tenaga kerja dan modal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
2. Teori Nilai Faktor Produksi
Teori nilai faktor-faktor produksi seperti sewa tanah, upah tenaga kerja, bunga modal, dan laba pengusaha dapat kamu pelajari pada pembahasan berikut disertai tokoh-tokoh yang mengemukakan teori tersebut.
Teori nilai faktor-faktor produksi seperti sewa tanah, upah tenaga kerja, bunga modal, dan laba pengusaha dapat kamu pelajari pada pembahasan berikut disertai tokoh-tokoh yang mengemukakan teori tersebut.
a. Teori Sewa Tanah (Rent)
Sewa tanah adalah balas jasa yang diterima pemilik tanah, karena tanah dapat memberikan manfaat berupa semua yang terkandung dalam tanah. Tokoh-tokoh yang mengemukakan teori sewa tanah antara lain sebagai berikut.
1) David Ricardo
Tinggi rendahnya sewa tanah akan ditentukan oleh kesuburan tanah. Oleh karena itu teori ini disebut juga Teori Differensial.
2) Von Thunen
Tinggi rendahnya sewa tanah selain ditentukan oleh perbedaan kesuburan tanah juga jauh dekatnya (letak) tanah dengan pasar.
b. Teori Upah Tenaga Kerja
Upah dan gaji merupakan balas jasa yang diterima tenaga kerja karena jasanya dalam proses produksi. Upah dapat digolongkan dalam dua macam, yaitu:
- upah nominal yaitu upah yang diukur dengan satuan uang tanpa memperhitungkan berapa barang yang dapat dibeli,
- upah riil yaitu upah yang diukur dengan barang dan jasa yang dapat diperoleh dengan upah yang diterima.
Pemberian upah dilakukan dengan cara sebagai berikut.
- Upah berdasarkan waktu artinya pemberian upah dihitung berdasarkan lamanya waktu kerja, misalnya upah harian, mingguan, bulanan, dan sebagainya.
- Upah sliding scale artinya pemberian upah mengikuti perubahan penjualan produk dan tidak terdapat penentuan upah minimum.
- Upah indeks artinya pemberian upah berdasarkan indeks biaya hidup atau daya beli buruh.
- Upah menurut satuan hasil (prestasi) artinya jumlah upah yang diterima pekerja tergantung pada prestasi kerja yang disumbangkan pada proses produksi.
- Upah profit sharing artinya upah yang diberikan besarnya tetap, tetapi akan memperoleh bagian keuntungan perusahaan atau bagian laba.
- Upah copartnership artinya pekerja diberikan bagian keuntungan tetapi dalam bentuk saham atau sero, sehingga pekerja ikut memiliki perusahaan.
Buruh bangunan biasanya dibayar dengan upah harian. |
Tokoh-tokoh dalam teori upah pekerja di antaranya sebagai berikut.
1) David Ricardo (Teori Upah Alami)
Besarnya upah buruh sama dengan biaya hidup minimum buruh beserta keluarganya.
Besarnya upah buruh sama dengan biaya hidup minimum buruh beserta keluarganya.
2) F. Lassale (Teori Upah Besi)
Besarnya upah rata-rata buruh sama dengan biaya hidup minimum buruh, karena pengusaha cenderung menekan buruh demi keuntungannya.
3) J.S. Mill (Teori Dana Upah)
Besarnya upah akan ditentukan oleh dana upah yang tersedia dan jumlah buruh.
4) Von Thunen (Teori Upah Ethis)
Besarnya utah akan bergantung pada besarnya biaya pemeliharaan hidup dan besarnya produktivitas kerja buruh.
Besarnya utah akan bergantung pada besarnya biaya pemeliharaan hidup dan besarnya produktivitas kerja buruh.
5) Karl Marx (Teori Upah Lebih)
Tenaga kerja memiliki nilai tukar dan nilai pakai bagi pengusaha. Pengusaha harus membayar nilai tukarnya untuk mendapatkan nilai pakainya. Kelebihan nilai pakai atas nilai tukar ini disebut nilai lebih.
6) Clark (Teori Produktivitas Marginal)
Menurut Clark, besarnya upah buruh tidak dapat melebihi produktivitas marginal dari kerja buruh.
c. Teori Bunga Modal
Bunga modal adalah balas jasa yang diterima pemilik modal, karena modalnya digunakan untuk proses produksi. Tokoh-tokoh yang mengemukakan teori bunga modal adalah sebagai berikut.
1) J.B. Say (Teori Produktivitas)
Bunga modal merupakan kontra karena modal itu dapat menghasilkan produk / barang.
Bunga modal merupakan kontra karena modal itu dapat menghasilkan produk / barang.
2) Nassau W. Senior (Teori Abstinence/Penghematan)
Bunga modal merupakan balas jasa kepada pemiliknya karena ia telah melakukan penghematan (tidak berkonsumsi) membentuk modal.
3) Von Bohm Bawerk (Teori Agio/Time Preference)
Bunga modal ini berdasarkan pada nilai uang yang senantiasa turun. Oleh karena itu, bunga modal ini dimaksudkan agar nilai uang yang dikembalikan tetap sama dengan nilai uang tersebut pada saat dipinjamkan.
4) J.M. Keynes (Teori Likuiditas)
Bunga modal merupakan balas jasa karena pemiliknya telah mengorbankan likuiditas (kemampuan untuk mengadakan pembayaran).
d. Teori Laba Pengusaha
Laba usaha adalah balas jasa yang diterima seorang pengusaha atau wirausaha. Tokoh dalam teori laba pengusaha antara lain sebagai berikut.
Laba usaha adalah balas jasa yang diterima seorang pengusaha atau wirausaha. Tokoh dalam teori laba pengusaha antara lain sebagai berikut.
1) Adam Smith
Laba pengusaha dibedakan menjadi dua, yaitu:
a) normal profit yang meliputi bunga modal milik pengusaha dan balas jasa keahlian.
b) extraordinary profit yang berupa balas jasa berupa keuntungan.
2) J.B. Say
Laba pengusaha akan ditentukan oleh keahlian dalam memimpin perusahaan dan risiko yang akan ditangungnya.
3) Von Thunen
Laba pengusaha merupakan laba setelah dikurangi pengeluaran.
4) J. Schumpeter
Laba pengusaha merupakan balas jasa karena kemampuan pengusaha dalam mengadakan kombinasi baru atau inovasi baru dalam proses produksinya.
Kombinasi itu meliputi:
- penggunaan teknik produksi yang baru,
- penemuan bahan dasar yang baru,
- pembukaan daerah pemasaran yang baru,
- penggunaan manajemen yang baru,
- penggunaan teknik promosi yang baru,
- penggunaan teknik pemasaran yang baru.
0 comments:
Post a Comment