Dalam pendekatan ini perhitungan laba per unit
dilakukan dengan membandingkan antara biaya produksi rata-rata (AC) dengan
harga jual output (P) . Laba total adalah laba per unit dikalikan dengan jumlah
output yang terjual. Dapat dijelaskan secara matematis π=(P-AC).Q.
Dari persamaan ini perusahaan akan mencapai laba bila
harga jual per unit output (P) lebih tinggi dari biaya rata-rata (AC). Perusahaan
hanya mencapai angka impas bila P sama dengan AC.
Keputusan untuk memproduksi atau tidak didasarkan
perbandingan besarnya P dengan AC. Bila P lebih kecil atau sama dengan AC,
Perusahaan hanya mencapai angka impas bila P=AC. Keputusan untuk memproduksi
didasarkan pada perbandingan antara P dengan AC. Bila P lebih kecil atau sama
dengan AC maka perusahaan tidak mau memproduksi. Implikasi pendekatan rata-rata
adalah perusahaan atau unit laba usaha harus menjual sebanyak-banyaknya(maximum
Selling) Agar laba (π) makin besar.
0 comments:
Post a Comment